Rabu, 10 Februari 2016

CARA MEMOTONG KUKU MUSANG BIUL

Memotong kuku musang memang menjadi keharusan bagi mereka yang memiliki musang. Dengan memotong kuku musang, anda akan bebas dari luka gores (baret) saat menggendong musang. Tidak seperti cara memotong kuku sugar glider, memotong kuku musang tidak bisa dilakukan seorang diri. Diperlukan minimal dua orang untuk memotong kuku musang.

Alat-alat yang diperlukan berupa gunting kuku kecil atau gunting kuku bayi dan Glove atau sarung tangan dari bahan kain tebal atau kulit. Adapun proses memotong kuku musang adalah sebagai berikut:
  1. Mintalah bantuan pada teman atau kerabat anda untuk membantu proses pemotongan kuku ini. Kenakan glove atau sarung tangan dari kain tebal.
  2. Keluarkan musang dari kandang. Pegang pangkal ekor musang dengan tangan kiri dan pegang leher musang dengan tangan kanan. Meski musang akan melawan dan berusaha melepaskan diri, usahakan untuk mengeratkan pegangan anda pada leher dan pangkal ekor musang namun jangan sampai menyakiti si musang. Diamkan musang selama beberapa saat hingga ia terlihat tenang.
  3. Jika musang sudah mulai tenang dalam pegangan anda, balikkan tubuh musang hingga perutnya menghadap keatas, kemudian mintalah sahabat atau teman anda untuk memotong kukunya satu persatu. Jangan memotong kuku musang terlalu dalam hingga melukai bagian daging di dalam kukunya. Cukup potong bagian yang tajam, beberapa milimeter di bagian bagian paling atas kuku musang. Bagian yang boleh dipotong dan tidak sama halnya dengan cara memotong kuku sugar glider di artikel ini.
  4. Jika semua kuku musang sudah dipotong, kembalikan musang ke posisi semula (bagian perut ada dibawah, dan lepaskan musang perlahan-lahan. Diamkan musang beberapa menit di kandangnya agar bisa menenangkan diri, kemudian beri air minum.
Demikian adalah cara memotong kuku musang. Ada baiknya jika anda meminta bantuan kepada teman anda yang sudah berpengalaman dalam memotong kuku musang jika anda baru pertama kali melakukan memotong kuku musang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar