Selasa, 09 Februari 2016

KARAKTERISTIK MUSANG BIUL (Javan Ferret Badge)

Hewan peliharaan unik yang satu ini adalah Musang. Akhir-akhir ini musang memang sedang booming di kalangan para pecinta hewan. Banyak berdiri Komunitas Pecinta Musang di kota-kota besar.
Apa sih keren nya memelihara musang? Penasaran?
1.      Musang bisa jadi hewan peliharaan sejinak kucing. Nah kenapa nggak memelihara kucing aja?
Udah terlalu mainstream...
2.      Bisa di ajak main, digendong, dilepas dirumah, dikalungin di leher diajak jalan-jalan, dll.

Salah satu jenis musang yang paling lucu dan cocok untuk menjadi hewan peliharaan adalah adalah musang biul. Berikut adalah beberapa karakter dari musang biul yang membuat Anda semakin lebih dekat dengan musang ini.
1.      Musang biul adalah jenis musang yang mempunyai warna dasar hitam dengan corak putih di tubuhnya. Corak putih memanjang dari kepala sampai belakang. Musang biul memiliki karakter yang lebih cerdas dibanding keluarga musang lainnya.
2.      Musang biul bisa mengenali lingkungan tempat dia dipelihara dan bisa mengenali pemiliknya dalam waktu beberapa hari saja.
3.      Tidak seperti kebanyakan keluarga musang lainnya, musang biul adalah hewan terestrial atau hewan yang hidup diatas tanah. Maka dari itu, musang biul sebaiknya tidak digendong. Musang biul lebih baik dipasangkan harness dan dituntun ditanah.
4.      Musang biul juga mengeluarkan aroma (bau) khas yang kurang enak karena musang biul memiliki kelenjar yang mengeluarkan bau menyengat jika dalam keadaan bahaya.
5.      Musang biul lebih suka berada di atas tanah dan menempatkan sarangnya di lubang-lubang dangkal atau dibalik batu.
6.      Musang yang memiliki bentuk kaki seperti sekop ini memiliki indera penciuman, kecerdasan, dan insting yang lebih tajam daripada jenis musang yang lain.
7.      Perawatan musang biul cenderung lebih mudah. Pakan berupa potongan buah-buahan (pepaya dan pisang) bisa diberikan untuk musang jenis ini.
Nah, dari beberapa uraian karakteristik diatas. Sudah tidak ragu lagi kan untuk memiliki hewan peliharaan musang ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar