Rabu, 10 Februari 2016

TIPS MENGURANGI BAU MUSANG BIUL


Mencium bau musang, baik itu yang berasal dari kotorannya maupun tubuh alami musang, adalah salahsatu resiko dalam memelihara musang. Memang, ada beberapa cara untuk menghilangkan bau alami musang atau mengurangi bau musang diantaranya dengan mengangkat kelenjar bau atau 'menonaktifkan' kelenjar bau dengan cara-cara khusus. Masalahnya adalah pada biaya. Harga adalah salah satu masalah utama dalam pengangkatan kelenjar bau pada hewan, atau dalam kasus ini, musang. Pengangkatan kelenjar pada suatu hewan harus dilakukan melalui operasi yang tentu harus dilakukan oleh dokter bedah hewan yang sudah berpengalaman. Adapun tips dan trik untuk mengurangi bau musang biul ini adalah sebagai berikut “
1.     Memandikan musang biul
Cara pertama untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan memandikannya. Mandikan musang biul dengan menggunakan shampo bayi yang tidak pedih dimata. Jika bau musang biul mulai menusuk hidung,  maka musang biul harus dijemur sambil diangin-anginkan setelah dimandikan untuk mengurangi
2.     Menaburkan bedak bayi
Cara kedua dalam mengurangi bau musang biul adalah dengan menaburkan bedak ke tubuh musang biul setelah dimandikan. Setelah dimandikan, badan musang biul harus sudah benar-benar kering, karena sisa air yang masih menempel di tubuh musang biul akan menjadi kerak jika terkena bedak.
3.    Memberi makanan non protein
Cara ketiga untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan tidak memberikan makanan non-protein seperti kepala ayam rebus atau daging-dagingan kepada musang biul. Musang biul dapat diberi potongan buah seperti pepaya dan pisang sebagai makanan agar baunya sedikit berkurang. Berikan juga air minum berupa air mineral sebagai minumannya.
4.    Memberi parfum khusus bayi
Cara keempat untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan memberikan beberapa parfum khusus bayi (baby body cologne) kepada musang. Sebaiknya, sebelum memberi parfum bayi ke seluruh tubuh musang, parfum bayi tersebut dites ke salah satu bagian kulit musang agar tahu apakah musang alergi dengan body cologne tersebut atau tidak. Caranya  dengan cara menuangkannya sedikit ke bagian kulit. Kemudian didiamkan selama 15 menit, lalu melihat reaksinya alergi di kulit musang atau tidak. Kalau tidak ada, bisa langsung memakaikan parfum bayi untuk musang. Jika ada reaksi alergi, sebaiknya segera bersihkan bagian kulit musang tersebut dengan air hingga bersih.
5.    Menjaga kebersihan kandang
Cara kelima untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan menjaga kebersihan kandang. Cara ini juga efektif dalam mengurangi bau musang biul. Kandang yang kurang terjaga kebersihannya akan membuat bau menyengat muncul dari kotoran musang biul. Kandang musang biul harus dibersihkan minimal 3 hari sekali. Selain itu, juga bisa menyemprotkan pengharum ruangan di ruangan tempat kandang musang biul ditaruh.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa membantu anda untuk mengurangi bau pada musang biul anda. Selamat mencoba.

1 komentar: